Goa Lalay Pelabuhan Ratu, Wisata Unik dan Eksotis

ANGKASA.CO.ID – Goa Lalay Pelabuhan Ratu Salah satu destinasi wisata yang ada di Kota Sukabumi dan termasuk wisata unik dan eksotis yang patut untuk anda dan keluarga kunjungi adalah Goa lalay Pelabuhan Ratu Sukabumi dimana destinasi wisata tersebut, menjadi salah satu area wisata yang dari dulu sampai sekarang menjadi terfavorit dan banyak dikunjungi baik oleh wisatawan yang berasal dari kota Sukabumi maupun luar Sukabumi. Selanjutnya untuk harga tiket masuk ke gua lalay terbilang murah dan terjangkau dan kalian pun bisa menikmati suasana wisata di dalam Goa yang super keren.

Goa Lalay Pelabuhan Ratu adalah salah satu tempat wisata alam Pelabuhan Ratu yang mempunyai lokasi Kurang lebih 3 km dari pusat Kota Pelabuhan Ratu sukabumi di mana di dalam gua lalay para pengunjung bisa menyaksikan jutaan kelelawar yang memang menghuni gua lalay tersebut sehingga penamaan gua ini disebut dengan gua lalai dikarenakan banyak kelelawar yang berada di lokasi tersebut dimana hewan lalai di dalam bahasa Indonesia artinya kelelawar. Lokasi yang sangat strategis dengan pemandangan alam yang instagramable dan selanjutnya harga tiket masuk murah menjadi daya pikat tersendiri bagi para wisatawan yang ingin menghabiskan waktu berwisata dengan keluarga di lokasi tersebut.

Sejarah Goa lalay Pelabuhan Ratu

Seperti dikutip dari laman Wikipedia apabila gua lalai menjadi salah satu destinasi wisata alam yang unik dan eksotis dikarenakan para pengunjung bisa menikmati ribuan sampai jutaan kelelawar yang menghuni gua tersebut dan biasanya rombongan kelelawar mulai keluar menjelang senja yaitu sekitar jam 17.00 WIB.

Selanjutnya jutaan kelelawar tersebut biasa terbang sekitar 20 menit dan seterusnya muncul kembali untuk 30 menit kemudian dan kelelawar tersebut beterbangan hanya disekitar muka gua lalay malahan menurut kepercayaan masyarakat setempat, apabila kelelawar juga terbang ke daerah lain diantaranya Banten Bogor Jakarta sampai Bandung.

Pada tanggal 7 November 1937 seorang ilmuwan asal Belanda melakukan kunjungan ilmiah di lokasi Goa lalay dan untuk foto goa lalay pertama dipublikasikan untuk umum yaitu pada tahun 1938 dan masuk pada sebuah jurnal de Tropische Natuur.

Lokasi Google Map dan alamat gua lalay Pelabuhan Ratu

Untuk kalian semua yang ingin mengetahui Di manakah tempat wisata alam yang unik dan eksotis tersebut, maka alangkah baiknya untuk membaca penjelasan kami berikut ini.

Lokasi Google Map gua lalay Pelabuhan Ratu

Bagi kalian yang sudah terbiasa berkunjung ke tempat wisata hanya dengan bermodalkan lokasi Google Map di Smartphone maka kalian bisa melihat tempat wisata ini dengan melihat alamat Google Map berikut.

Alamat gua lalay Pelabuhan Ratu

Di bawah ini adalah alamat resmi keberadaan tempat wisata yang unik dan instagramable tersebut yaitu alamatnya berada di kawasan Geopark Ciletuh, jalan Pelita cipatuguran, desa Citarik Kecamatan Pelabuhan Ratu Kabupaten Sukabumi provinsi Jawa Barat dengan kode pos 43364.

Harga tiket masuk Goa lalay

Untuk harga tiket masuk ke tempat wisata yang ada di Pelabuhan Ratu tersebut maka anda tinggal mengeluarkan uang sekitar Rp5.000.

Jam buka goa lalay Sukabumi

Selanjutnya untuk jam operasional gua lalay Pelabuhan Ratu yang ada di Kabupaten Sukabumi yaitu buka selama 24 jam akan tetapi sangat direkomendasikan saat Pagi dan siang hari.

Tips berkunjung ke Goa lalay

Ada beberapa tips yang harus kalian ketahui saat berkunjung ke tempat ini diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Jangan lupa untuk membawa masker saat kalian akan memasuki gua dikarenakan banyak kotoran kelelawar dan hal ini untuk menjaga kenyamanan dan kesehatan kalian
  2. Gunakanlah helm dan juga lampu senter ketika kalian akan masuk ke lokasi tersebut dikarenakan di dalam gua dipastikan gelap
  3. Gunakanlah sepatu atau sandal gunung supaya tidak terpeleset
  4. Bawalah baju ganti dari rumah supaya ketika kalian ingin pulang ke rumah dalam keadaan tidak kotor.
  5. Sangat direkomendasikan jika ingin berkunjung ke lokasi ini kalian mengikuti orang yang sudah terbiasa menjadi penunjuk jalan.
  6. Bawalah peralatan kamera yang terbaik apabila kalian ingin memaksimalkan hasil foto di lokasi tersebut

Spot wisata di goa lalay Pelabuhan Ratu

Di bawah ini kalian bisa Menikmati keindahan gua lain yang sangat eksotis baik dari dalam dan dan luar lokasi ini diantaranya adalah:

Berfoto selfie

Wisata unik dan eksotis yang patut kalian datangi adalah Goa lalay di Pelabuhan Ratu dan di lokasi ini kalian bisa mengabadikan momen dengan berfoto selfie yang nantinya diunggah melalui media sosial Instagram dan pastinya sangat recommended karena banyak Spot foto yang instagramable.

Menikmati keindahan gua

Goa lalay menjadi salah satu buah yang menurut kami sangat unik dan patut untuk kalian kunjungi dikarenakan di lokasi ini kalian bisa melihat pemandangan yang berbeda jika berkunjung ke Goa lain terutama kalian bisa menikmati suasana yang sangat indah di dalamnya.

Melihat jutaan kelelawar

Apabila kalian berani dan tidak takut dengan kelelawar maka Goa lalay Pelabuhan Ratu bisa dijadikan sebagai alternatif untuk mempelajari dan sekaligus berinteraksi dengan jutaan kelelawar yang hidup di goa tersebut.

Hotel terdekat di goa lalay

Di bawah ini adalah beberapa Hotel yang berada di goa lalay diantaranya adalah:

  • Cimaja Square
  • Cimaja Beach Club
  • Warung Asri
  • Cimaja point restoran
  • Bikers warung
  • Ikan bakar idola

Foto goa lalay Pelabuhan Ratu

Dibawah ini adalah gambaran bagi kalian yang ingin berkunjung ke lokasi tersebut dan untuk semua foto kami ambil dari beberapa akun di Instagram dengan tujuan hanya sebagai referensi.

Itulah penjelasan kami tentang destinasi wisata unik dan eksotis bernama Goa lalay Pelabuhan Ratu yang sangat terkenal bagi masyarakat yang ada di Kabupaten Sukabumi dan Jawa Barat. Semoga artikel yang kami bahas pada hari ini, bisa menjadi referensi untuk kalian semua dan selamat berwisata.