Goa Buniayu Sukabumi, Wisata Perut Bumi Yang Penuh Misteri

ANGKASA.CO.ID – Goa Buniayu Sukabumi, Wisata Perut Bumi Yang Penuh MisteriĀ Untuk anda semua para pecinta wisata alam yang ingin berkunjung ke kota Sukabumi, maka salah satu destinasi wisata yang sangat keren dan unik yang patut untuk Anda kunjungi yaitu Goa buniayu. Salah satu Goa yang menurut kami sangat recommended dijadikan sebagai destinasi wisata keluarga terutama bagi para pecinta wisata alam adalah Goa tersebut dikarenakan Goa buniayu, bukan hanya menjadi lokasi wisata alam saja dengan pemandangan yang luar biasa di luar Goa, akan tetapi ketika kalian memasuki ke dalam Goa maka kalian bisa menikmati wisata perut bumi yang sampai sekarang penuh dengan misteri.

Goa Buniayu Sukabumi adalah salah satu spot wisata alam yang sangat menarik di lokasi ini para pengunjung bisa Menikmati keindahan alam di dalam perut bumi yang dihiasi banyak sekali ornamen yang memang terbentuk secara alami dan sudah terjadi selama puluhan sampai jutaan tahun yang lalu. Sehingga tidak salah jika Goa yang ada di Sukabumi tersebut, menjadi salah satu tempat wisata yang banyak dikunjungi dan juga banyak diunggah oleh netizen di media sosial Instagram.

Goa buniayu mempunyai arti kecantikan yang tersembunyi dan untuk katanya sendiri diambil dari kata buni di dalam bahasa Sunda yang mempunyai arti tersembunyi dan selanjutnya kata ayu mempunyai makna yaitu cantik. Sehingga bisa disimpulkan apabila Goa buniayu adalah salah satu Goa yang ada di Kota Sukabumi yang mempunyai kecantikan yang tersembunyi di dalam tempat tersebut sehingga menjadi lokasi terfavorit warga Sukabumi dan luar Sukabumi.

Namun untuk warga Sukabumi sendiri, goa ini kerap dipanggil dengan nama gua Cipicung dikarenakan lokasinya berada di Desa Cipicung akan tetapi bagi para penjelajah, ternyata gua unik kesebut dikenal dan disebut sebagai Goa siluman malahan gua ini menjadi salah satu Goa yang pernah dipakai untuk syuting film Si Buta Dari Gua Hantu.

Sejarah Goa Buniayu

Goa buniayu adalah salah satu Goa yang mempunyai 3 nama sekaligus diantaranya disebut dengan Gua Hantu dan gua Cipicung akan tetapi 3 nama tersebut yang paling terkenal adalah Goa buniayu.

Luas area goa buniayu yaitu diperkirakan mencapai luas 10 hektar dan Goa tersebut pertama kali disusui tahun 1982 oleh ahli Goa Indonesia yang berasal dari federasi speleology Perancis bernama Goerge Robert dan selanjutnya Goa yang ada di Sukabumi tersebut menjadi salah satu buah yang ada di Kabupaten Sukabumi selain gua Cipicung, kumbang lanang, buah nyangkut, goa Azmi, goa bibijilan, gua karsim, sampai gua gede.

Akan tetapi dari beberapa Goa yang berhasil ditemukan oleh federasi speleologi Perancis ternyata hanya goa inilah yang sangat disukai sehingga tidak salah apabila sampai sekarang gua buniayu menjadi spot wisata terbaik yang patut dikunjungi oleh anda semua.

Spot wisata di goa buniayu

Di bawah ini adalah beberapa kegiatan yang bisa kalian kunjungi dan lakukan saat berada ada di goa buniayu Sukabumi di antaranya adalah sebagai berikut.

Berwisata alam

Bagi kalian para pecinta wisata alam maka Goa yang ada di Sukabumi ini menjadi Surga untuk dinikmati di mana bukan hanya di dalam Goa kalian bisa menemukan keindahan alam akan tetapi di luar Goa pun pemandangan alam yang masih terjaga dengan baik menjadi salah satu daya pikat bagi para wisatawan.

Melihat gua Si Buta Dari Gua Hantu

Seperti pada pembahasan kami sebelumnya apabila Goa buniayu pernah dipakai untuk pembuatan film berjudul Si Buta Dari Gua Hantu yang sangat melegenda sehingga tidak salah apabila Goa tersebut banyak yang menamakan sebagai Gua Hantu atau Goa siluman.

Berfoto selfie

Para pengunjung yang suka dengan pemandangan background di dalam Goa, maka mereka bisa mengabadikan momen saat berwisata ke lokasi tersebut apalagi untuk area wisata yang mudah terjangkau dan juga mempunyai keunikan yang sangat khas menjadikan tempat wisata ini sangat disukai.

Melihat ornamen Goa yang unik

Di dalam Goa buniayu Sukabumi maka kalian bisa melihat banyak sekali ornamen Karang yang sudah tumbuh puluhan sampai ratusan juta yang lalu dan hal ini menjadi keunikan tersendiri saat anda berkunjung ke tempat tersebut.

Kalian bisa melihat bagaimana stalaktit dan stalagmit di dalam Goa yang super keren bisa berubah warna dan pastinya tidak akan membuat kalian kebosanan.

Penuh misteri

Gua ini memang menjadi salah satu Goa yang menurut kami penuh dengan misteri dimana gua ini nampak sangat indah dan terkadang banyak cerita masyarakat setempat tentang Aura mistis yang ada di gua tersebut walaupun pastinya hal ini hanyalah bumbu dari beberapa orang yang percaya ya tentang masalah tersebut. Namun ketika anda berkunjung dan pertama kali memasuki Goa, maka Aura mistis dan keindahan Goa akan langsung kalian rasakan.

Alamat dan lokasi Google Map goa buniayu Sukabumi

Di bawah ini adalah alamat resmi bagi kalian yang ingin berkunjung dan juga lokasi Google Map yang bisa dijadikan sebagai acuan untuk kalian yang memang biasa menggunakan Google Map untuk berwisata.

Alamat Goa buniayu

Goa unik buniayu beralamatkan di desa Cipicung kecamatan kertaangsana kabupaten Sukabumi provinsi Jawa Barat dengan kode pos 43187.

Lokasi Google Map Goa buniayu

Apabila kalian sudah terbiasa menggunakan peta Google Map saat berkunjung ke sebuah tempat wisata, maka kalian pun bisa melihat Google Map berikut ini agar tidak tersesat dan sampai di tempat wisata dengan aman dan cepat.

Jam buka goa buniayu

Untuk jam operasional salah satu tempat wisata yang ada di Desa Cipicung tersebut yaitu buka selama 24 jam penuh akan tetapi sangat direkomendasikan kalian meminta bantuan kepada jasa Pandu wisata.

Harga tiket masuk goa buniayu Sukabumi

Untuk harga tiket masuk ke lokasi wisata ini menurut kami sangat terjangkau yaitu setiap orang hanya membayar uang Rp5.000 akan tetapi apabila kalian minat untuk mengambil paket gua horizontal maka biaya Rp20.000 orang dan apabila kalian ingin mengambil au paket gua vertikal maka kalian harus membayar uang paket Rp150.000 untuk 1 orang yang sudah disertai tim pemandu dan peralatan keamanan.

Atau apabila kalian ingin mengetahui harga tiket masuk ataupun paket wisata ke lokasi ini bisa langsung menanyakan melalui hotline: (0266) 6254881.

Foto goa buniayu

Di bawah ini adalah beberapa penampakan keindahan Goa buniayu yang ada di Kabupaten Sukabumi sebagai referensi bagi kalian yang ingin berkunjung ke tempat tersebut.

Fasilitas gua buniayu

Bagi para wisatawan yang belum mengetahui apa saja yang tersedia di lokasi wisata ini maka untuk fasilitasnya adalah sebagai berikut:

  • Lokasi penginapan
  • Tempat makan
  • Mushola
  • Area parkir
  • Fasilitas outbound
  • Tempat oleh-oleh
  • Toilet umum

Tips berwisata ke Goa buniayu

Di bawah ini adalah beberapa apa tips yang harus kalian perhatikan saat berkunjung ke tempat wisata yang ada di Kabupaten sukabumi tersebut diantaranya adalah:

  1. Sangat direkomendasikan untuk mempersiapkan kondisi fisik saat akan berwisata ke lokasi tersebut
  2. Jangan lupa untuk membawa headlam supaya bisa membantu penerangan di dalam Goa
  3. Membawa peralatan P3K diantaranya Hansaplast dengan tujuan supaya bisa mengantisipasi hal yang tidak diinginkan
  4. Selalu mematuhi peraturan tour guide yang membawa anda berkeliling doang
  5. Menjaga kebersihan lingkungan
  6. Tetapkanlah jadwal yang memang sesuai ketika ingin berwisata ke tempat ini
  7. Recommended untuk boking UIN diusahakan dilakukan semenjak jauh hari sebelum kalian OTW ke lokasi tersebut.
  8. Bawalah peralatan kamera ataupun video Jika kalian ingin mengabadikan untuk dijadikan konten.

Itulah pembahasan kami tentang salah satu destinasi wisata yang ada di Kabupaten Sukabumi yang sangat eksotis dan penuh misteri malahan pernah dipakai sebagai tempat lokasi syuting Si Buta Dari Gua Hantu bernama Goa buniayu atau juga biasa disebut dengan goa Cipicung.