Danau Batu Bacan Sukabumi, Wisata Unik Yang Bikin Kagum

ANGKASA.CO.ID РDanau Batu Bacan Sukabumi Salah satu destinasi wisata yang ada di Kabupaten Sukabumi yang sejak dulu sampai sekarang menjadi salah satu spot wisata yang unik dan bikin kagum yaitu Danau bacan Sukabumi. Apabila sekilas ketika kalian mendengar nama bacan, maka pastinya yang ada di pikiran kalian yaitu sebuah pemikiran jika lokasi wisata ini merupakan pusat penggalian batu bacan yang biasa digunakan untuk batu ali, akan tetapi ternyata pemikiran Anda tersebut salah besar dikarenakan di lokasi tersebut bukanlah penggalian batu akik bacan yang memang sangat terkenal, akan tetapi di lokasi ini adalah salah satu tempat wisata eksotis yang ada di Sukabumi yang mempunyai history sebagai lokasi tempat penambangan dahulunya.

Danau Batu Bacan Sukabumi adalah wisata unik yang pastinya bikin kagum bagi mereka yang pernah berkunjung ke tempat tersebut dimana Danau Batu Bacan memang hampir sama dengan danau biru bukit jaddih dikarenakan kedua Danau tersebut terbentuk akibat bekas galian dahulu kala yang selanjutnya menjadi sebuah danau yang eksotis walaupun pastinya kedua Danau tersebut mempunyai perbedaan yang mencolok salah satunya dari alam dan warna air. Walaupun begitu, tempat wisata yang ada di Kabupaten Sukabumi ini menjadi salah satu tempat terfavorit bagi para wisatawan dikarenakan selain harga tiket masuk yang murah akan tetapi fasilitas sudah mumpuni dan terdapat Spot berfoto selfie yang fotogenik.

Danau Batu Bacan memang hampir mirip dengan Danau Bukit Jaddih, akan tetapi yang membedakan untuk danau bukit jaddih mempunyai warna air biru dan selanjutnya untuk danau batu bacan mempunyai air berwarna hijau yang sangat unik keren dan instagramable.

Sejarah danau Batu Bacan Sukabumi

Mungkin diantara Anda belum pernah mendengar tentang seluk beluk Danau unik yang ada di Kabupaten Sukabumi tersebut maka alangkah baiknya untuk melihat dan membaca penjelasan kami berikut ini.

Danau Toba merupakan salah satu danau yang memang unik di kabupaten sukabumi dimana salah satu keunikan yang dimiliki oleh Danau tersebut yaitu bekas sebuah pertambangan pada zaman dahulu namun pertambangan tersebut sudah tidak lagi dilakukan atau disebut dengan pertambangan mati.

Selanjutnya keunikan yang lain danau bacan mempunyai air berwarna hijau yang mirip dengan warna dari batu bacan dan Hal inilah yang mengakibatkan Danau tersebut dinamakan dan disebut sebagai Danau bacan dan air yang unik ini muncul di bekas tambang sehingga hal ini mempunyai historis yang melekat pada tempat wisata ini.

Keunikan lain ternyata Danau ini sama sekali tidak mengalami air surut ataupun kering malahan ketika memasuki musim kemarau panjang, danau bacan bisa bertahan dengan debit air yang tetap sama dan malah dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk keperluan air sehari-hari dan sangat bermanfaat.

Lokasi dan alamat danau Batu Bacan Sukabumi

Bagi kalian yang ingin berkunjung ke tempat wisata yang ada di Kabupaten Sukabumi tersebut, maka dibawah ini adalah lokasi Google Maps dan alamat resmi dari tempat wisata yang sangat unik dan indah yang pastinya bikin kagum para pengunjung.

Lokasi Google Map Danau Batu Bacan

Dibawah ini adalah lokasi Google Map resmi untuk menjadi panduan Ketika anda ingin berkunjung ke lokasi wisata yang ada di Kabupaten Sukabumi tersebut.

Alamat Danau Batu Bacan Sukabumi

Danau unik tersebut beralamatkan di desa Langensari, kecamatan Sukaraja Kabupaten Sukabumi provinsi Jawa Barat dengan kode pos 43192.

Rute menuju danau batu bacan

Bagi kalian semua yang ingin berwisata ke lokasi ini dan berasal dari ibukota Jakarta, maka untuk rute yang bisa kalian lalui yaitu melalui rute Tol JORR dan selanjutnya keluar di Ciawi, setelah dari Ciawi silakan lurus sampai ke Cibadak dan sesampainya kalian di pasar Cibadak nantinya kalian bisa langsung mencari rute menuju ke Pelabuhan Ratu.

Setelah di Pelabuhan Ratu silakan menuju ke Desa Bojong dan selanjutnya kalian tinggal mencari sebuah jembatan bernama Jembatan Bojong dan dari sanalah kalian bisa memperoleh petunjuk arah ke spanduk Danau bacaan atau danau hijau yang biasa disebut masyarakat sekitar.

Spot wisata di danau bacan

Ada beberapa kegiatan yang bisa kalian lakukan saat berkunjung ke danau bacan yang pastinya akan membuat wisata kalian sangat istimewa di antaranya adalah sebagai berikut:

Menikmati danau yang unik

Kalian bisa menikmati suasana danau yang menurut kami sangat unik diantaranya kalian bisa melihat pemandangan alam yang luar biasa sangat eksotis dan instagramable dan selanjutnya kalian pun bisa melihat sebuah danau yang mempunyai air tidak jernih akan tetapi berwarna kehijauan sehingga tidak salah jika lokasi ini disebut dengan danau batu bacan.

Berfoto selfie

Banyak sekali Spot yang ada di lokasi ini bisa kalian jadikan latar belakang foto selfie yang pastinya sangat indah seperti pada beberapa foto yang kami unggah pada artikel kali ini dengan tujuan supaya memberikan ilustrasi untuk Anda yang ingin berwisata ke danau batu bacan.

Harga tiket masuk Danau Batu Bacan

Untuk harga tiket masuk update di tahun 2020 maka untuk harganya adalah sebagai berikut:

  • Harga tiket masuk Danau Batu Bacan kendaraan roda dua Rp2000
  • Harga tiket masuk Danau Batu Bacan mobil dan kendaraan roda empat Rp5000.

Jam buka Danau Batu Bacan

Harus anda ketahui ketika berkunjung ke lokasi wisata ini maka Danau Batu Bacan Buka setiap hari selama 24 jam penuh walaupun pastinya kalian harus memilih waktu yang tepat di lokasi tersebut.

Fasilitas Danau Batu Bacan

Ketika kalian berkunjung ke lokasi ini maka dari kami, fasilitas yang disediakan di lokasi tersebut sudah sangat mumpuni di mana terdapat beberapa fasilitas di antaranya adalah:

  • Lokasi istirahat
  • Tempat makan
  • Area parkir
  • Tempat berfoto selfie

Hotel terdekat Danau bacan Sukabumi

Apabila kalian bersama keluarga tercinta ingin bermalam dan selanjutnya kembali melihat keindahan Danau Batu Bacan maka bisa bermalam di beberapa hotel terdekat di lokasi wisata tersebut.

  • Anugrah Hotel Sukabumi
  • Horison Hotel Sukabumi
  • Spark odeon Sukabumi
  • MaxOne hotel
  • Balcony Hotel Sukabumi
  • Fresh Hotel Sukabumi.

Foto terbaru Danau Batu Bacan

Di bawah ini seperti dikutip dari berbagai sumber di Instagram, kami sertakan beberapa foto keindahan lokasi wisata Danau Batu Bacan Sukabumi yang menjadi salah satu wisata unik yang bikin kagum supaya bisa menjadi gambaran bagi Anda yang baru berkunjung ke tempat tersebut.

Tips berkunjung ke danau batu bacan

Untuk kalian yang baru pertama kali berkunjung ke lokasi ini maka ada beberapa tips yang harus diperhatikan diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Tetaplah berhati-hati ketika kalian berkunjung ke lokasi Danau Batu Bacan dikarenakan lokasinya bekas tambang zeolit dan bukan tempat wisata seperti pada umumnya.
  2. Sebelum berangkat ke lokasi ini maka anda harus mempersiapkan kondisi mobil yang akan kalian bawa jangan sampai mogok di tengah jalan
  3. Ketika mengendarai kendaraan maka selalu waspada karena terdapat lokasi rawan longsor
  4. Bawalah bekal dari rumah supaya ketika kalian lapar tidak merasa ribet untuk membeli makanan
  5. Selalu membawa alat fotografi untuk mengabadikan momen berkunjung ke tempat tersebut

Itulah penjelasan kami tentang wisata unik yang bikin kagum bernama Danau Batu Bacan Sukabumi dan semoga artikel yang kami bahas pada hari ini, bisa menjadi referensi untuk anda semua dan kami ucapkan selamat berwisata di Kota Sukabumi.