Curug Citambur Cianjur

Curug Citambur Cianjur Salah satu objek wisata yang sekarang ini sedang menjadi pusat perhatian netizen di media sosial dikarenakan mempunyai keindahan alam yang masih alami dan juga pemandangan yang sangat keren yaitu Curug citambur Cianjur. Air terjun yang ada di daerah pasirkuda tersebut, menjadi salah satu Curug yang telah lama ada dan terus dikembangkan oleh pemerintah setempat untuk menjadi salah satu destinasi wisata alam yang kekinian hits dan recommended sehingga tidak salah apabila banyak netizen di media sosial yang mengunggah keindahan salah satu curug yang ada di Kabupaten Cianjur ini.

Curug citambur Cianjur adalah objek wisata yang mempunyai pemandangan alam luar biasa indah dan menawan dan berada di Kabupaten Cianjur tepatnya di Desa Karang Jaya kecamatan Pasir kuda. Selanjutnya air terjun citambur diketahui menjadi salah satu destinasi wisata yang mempesona dimana ketika air terjun mengalir begitu saja pada sebuah tebing atau bebatuan, akan tetapi di daerah ini ternyata menyajikan pemandangan yang sedikit berbeda yaitu Air Terjun dikelilingi tebing dengan hamparan rumput yang masih hijau dan pastinya untuk masalah kecantikan destinasi wisata ini mirip dengan sebuah dongeng yang melegenda.

Sejarah Curug citambur

Seperti dikutip dari laman Wikipedia apabila Curug citambur merupakan air terjun yang mempunyai ketinggian sekitar 130 m dan berada di Kabupaten Cianjur Selatan dan selanjutnya Curug citambur mempunyai 3 air terjun yaitu Tingkatan pertama mempunyai ketinggian sekitar 12 m, tingkat kedua mempunyai ketinggian 116 m, dan tingkat paling atas yaitu mempunyai ketinggian 2 M.

Untuk air dari Curug tersebut berada di ketinggian kurang lebih 1400 mdpl yang terkenal sangat dingin dengan debit air yang besar sehingga walaupun memasuki musim kemarau lantas tidak membuat Curug ini airnya menyusut malahan masih tetap saja seperti hari biasa.

Namun dikarenakan Curug ini mempunyai debit air yang sangat besar maka tidak direkomendasikan untuk para pengunjung berada di bawah guyuran airnya dikarenakan berbahaya dan selanjutnya Curug ini dinamakan citambur dikarenakan zaman dahulu kala suara setiap Air yang jatuh dari atas Curug ke arah kolam berbunyi bergedebum yang mirip dengan suara tambur ya itu salah satu alat musik tabuh yang dipukul.

Selanjutnya versi lain sejarah Curug citambur yaitu dikarenakan menjadi pusat Kerajaan Tanjung anginan di mana rajanya bergelar Prabu Tanjung anginan dan kerajaan tersebut berada di area Pasir kuda yang sekarang menjadi Desa Simpang dan Desa Karang Jaya dan disana terdapat sebuah batu berbentuk kursi yang diyakini tempat duduk sang raja dan selanjutnya Ketika sang raja akan mandi maka ditengarai terdapat suara tambur yang ditabuh oleh para pengawal dan dari suara itulah maka air terjun dinamakan dengan Curug citambur.

Harga Tiket masuk Curug citambur

Di bawah ini adalah harga tiket terbaru yang update di bulan Juli 2020 yang bisa menjadi referensi bagi kalian yang akan berwisata ke lokasi ini dan untuk tabelnya sendiri adalah sebagai berikut:

Harga Tiket Masuk Air Terjun Citambur
Harga Tiket Masuk Rp.15.000
Harga Spot Foto R.p5.000
Harga Parkir Motor Rp.2.000
Harga Parkir Mobil Rp.5.000

Jam buka Curug citambur

Untuk jam bukanya sendiri daerah wisata Air Terjun terbuka untuk umum tersebut yaitu Buka setiap hari dalam waktu 24 jam dan sangat direkomendasikan untuk berkunjung kesini pada ada pagi hari supaya bisa mendapatkan hasil yang keren untuk berfoto selfie.

Spot di Curug citambur

Di lokasi ini terdapat beberapa spot wisata yang menurut kami sangat keren dan direkomendasikan bagi kalian yang ingin berwisata air terjun di Kabupaten Cianjur dan untuk Spot nyata sebagai berikut:

Menikmati harta tersembunyi

Tidak bisa dipungkiri apabila Curug citambur merupakan harta tersembunyi bagi masyarakat setempat dikarenakan air terjun ini berada di balik tebing gunung Lemo yaitu gunung yang terbentang dari rancabali sampai Pasirkuda dan berbentuk menyerupai huruf L dan selanjutnya mengalir bebas dari ketinggian dan juga mempunyai aliran yang sangat deras sehingga siapapun bisa menikmatinya dengan bebas dan leluasa.

Menghirup udara segar

Bukan hanya kalian bisa melihat sebuah air terjun yang mahadahsyat dengan tiga tingkatan, akan tetapi kalian para pengunjung dapat menghirup udara segar di lokasi ini dan dipastikan bebas dari polusi dikarenakan jauh dari perkotaan.

Menikmati suasana alami

Ketika para pengunjung berada di lokasi ini mereka bisa menikmati Bagaimana suasana alami yang masih asri dan hijau yang mengelilingi curug yang ada di Kabupaten Cianjur Selatan tersebut walaupun pastinya kalian tidak boleh turun langsung ke bawah dikarenakan air terjun ini mempunyai deras air yang sangat berbahaya.

Berfoto selfie

Dengan latar belakang air terjun ataupun pemandangan alam lainnya, kalian bisa mendapatkan sebuah hasil foto selfie yang fotogenik dikarenakan untuk masalah pengelolaan sampai sekarang ini sudah terbilang bagus bagi para pengunjung yang ingin berwisata alam di lokasi tersebut.

Spot foto instagramable

Terdapat beberapa Spot foto yang sangat instagramable bagi kalian yang berkunjung ke tempat wisata ini dan sudah disediakan oleh pengelola dimana recommended bagi para pemburu foto selfie karena sangat keren.

Fasilitas curug citambur

Di bawah ini adalah beberapa fasilitas yang sudah ada dan bisa dinikmati oleh para pengunjung ketika berwisata ke lokasi tersebut diantaranya adalah:

  • Lahan parkir yang luas
  • Toilet
  • Ruang ganti
  • Mushola untuk sembahyang
  • Tempat makan
  • Kios cendramata

Lokasi dan alamat Curug citambur

Agar kalian lebih mengetahui tentang lokasi dan juga alamat destinasi wisata yang ada di Kabupaten Cianjur Selatan tersebut, maka penjelasannya adalah sebagai berikut.

Lokasi curug citambur

Untuk lokasinya sendiri Curug citambur berada di daerah Karang Jaya, kecamatan Pasirkuda, kabupaten Cianjur.

Alamat Curug Cianjur

Untuk alamat resmi nya curug citambur yaitu berada di Desa Karangjaya, Kecamatan Pasirkuda, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat, Indonesia dengan kode pos 43266

Alamat Google Map Curug Cianjur

Supaya kalian tidak tersesat ketika berkunjung ke tempat wisata Curug Cianjur maka dibawah ini adalah alamat Google Map resmi dari tempat wisata alam tersebut.

Rute menuju Curug Cianjur

Apabila kalian berasal dari kota Bandung maka silakan menuju ke daerah Soreang selanjutnya diteruskan ke wilayah pasirjambu lalu ke wilayah Ciwidey dan ambil rute menuju wisata alam situ patengan, sebelum sampai maka kalian akan melewati pertigaan dekat kantor kecamatan rancabali lalu belok lah menuju ke arah kanan yaitu perkebunan teh sinumbra dan selanjutnya menuju Desa Karang Jaya dan apabila sudah sampai di kantor Desa Karang Jaya maka kalian sudah memasuki area Curug citambur dan dari gerbang tersebut kalian tinggal berjalan 200 meter sampai tempat parkir yang telah disediakan dan berjalan kaki dari area parkir ke area Curug citambur.

Foto Curug citambur

Dibawah ini adalah beberapa foto yang berhasil kami rangkum dari berbagai sumber di internet supaya bisa menjadi gambaran untuk kalian yang ingin berwisata ke lokasi curug citambur yang ada di Cianjur Selatan.

Curug Citambur Cianjur - IG 1
Curug Citambur Cianjur – IG 1
Curug Citambur Cianjur - IG 2
Curug Citambur Cianjur – IG 2
Curug Citambur Cianjur - IG 3
Curug Citambur Cianjur – IG 3

Curug Citambur Cianjur - IG 4

Kesimpulan

Curug citambur merupakan salah satu Curug yang mempunyai sejarah tersendiri bagi masyarakat setempat dikarenakan menjadi di area kerajaan Tanjung anginan yang sangat terkenal di daerah tersebut dan pastinya keluar dari sejarah tersebut, curug citambur atau air terjun citambur bisa menjadi aset bagi masyarakat setempat dan pemerintah setempat untuk terus dijadikan sebagai destinasi wisata yang kekinian dan juga mengedepankan kearifan lokal.

Untuk kalian yang ingin berkunjung ke tempat wisata tersebut, maka tetaplah menjaga kebersihan dan jangan sampai merusak alam yang ada disekitar lokasi wisata dikarenakan hal tersebut bisa mengganggu ekosistem dan Curug citambur menjadi recommended wisata alam untuk anda semua.