Ciletuh Geopark Sukabumi, Surga Untuk Pecinta Wisata Alam

ANGKASA.CO.ID – Ciletuh Geopark Sukabumi, Surga Untuk Pecinta Wisata Alam Bagi kalian semua para pecinta wisata alam yang ingin mengunjungi satu lokasi akan tetapi mempunyai banyak destinasi wisata maka salah satu tujuan yang bisa kalian kunjungi dan dipastikan kalian tidak akan kecewa yaitu Ciletuh Geopark Sukabumi. Ketika kalian berkunjung ke lokasi ini, bukan hanya kalian bisa menikmati sebuah wisata alam yang sangat mumpuni dan tertata dengan rapi akan tetapi kalian bisa menikmati banyak sekali spot wisata yang masih satu area di lokasi tersebut sehingga tidak akan bisa kalian berwisata 1 hari di area Ciletuh Geopark.

Ciletuh Geopark Sukabumi adalah destinasi wisata yang sangat lengkap dimana lokasi wisata tersebut akan memperlihatkan Bagaimana pesona alam yang istimewa dan bisa menjadi surga untuk pecinta wisata alam karena di lokasi tersebut, kalian tidak hanya bisa menikmati satu lokasi tempat wisata akan tetapi di lokasi tersebut kalian pun bisa menikmati banyak air terjun yang masih satu area dan juga kalian bisa Menikmati keindahan bentang alam yang masih terjaga dan tertata rapi di lokasi tersebut.

Keunikan Ciletuh Geopark Sukabumi memang sangat keren dan eksotis, sehingga pastinya bagi para pecinta wisata alam wajib untuk berkunjung ke lokasi tersebut dan bagi kalian yang memang suka dengan alam maka belum sempurna jika tidak pernah berwisata ke lokasi ini dikarenakan kalian bisa menikmati banyak sekali spot wisata di Geopark Ciletuh Sukabumi.

Sejarah Ciletuh Geopark Sukabumi

Mungkin diantara kalian banyak yang tidak mengenal tentang salah satu destinasi wisata yang ada di Kabupaten Sukabumi tersebut dan seperti dikutip dari berbagai sumber di internet, apabila lokasi wisata ini sudah diakui sebagai tempat bersejarah yang mempunyai historis sangat tinggi.

Bahan alam Geopark Ciletuh memang sudah wah terkenal semenjak masa penjajahan kolonial Belanda dan pada saat itu masih belum menjadi Geopark akan tetapi mulai mendapatkan julukan tersebut yaitu pada tahun 2018 yang lalu oleh pihak UNESCO Global Geopark dan sampai sekarang menjadi aset yang sangat berharga bagi Indonesia.

Pada tahun 1709 menurut Dida Hudaya selaku sejarawan Sukabumi memberikan penjelasan apabila seorang administrator asal Belanda yaitu Jan Van riebeeck sempat melakukan perjalanan laut menuju pelabuhan Ratu dapat itu adalah hanya misi perdagangan dan Di tengah perjalanan dirinya mendaratkan perahunya di Pantai Ciletuh di mana saat itu Bangsa Belanda menyebut Ciletuh sebagai salah satu pantai yang mempunyai bebatuan kristal yang sudah berusia tua.

Dan semenjak itulah hanya dua kawasan pantai yang ada di area tersebut yang sangat populer di masa penjajahan Belanda diantaranya adalah Pelabuhan Ratu atau masa tersebut dikenal dengan nama Wijnkoopsbaai dan yang kedua Pantai Ciletuh atau pada masa Belanda disebut dengan Sandbaai.

Alamat dan lokasi ciletuh Geopark Sukabumi

Untuk anda semua para pecinta wisata alam yang belum mengetahui tentang salah satu destinasi wisata yang ada di Kabupaten Sukabumi tersebut dan ingin pergi ke sini, maka silakan untuk melihat alamat resmi dan lokasi Google Map area wisata Ciletuh Geopark yang ada di Kabupaten Sukabumi tersebut.

Alamat Ciletuh Geopark Sukabumi

Destinasi wisata ini beralamatkan di desa Ciwaru kecamatan ciemas Kabupaten Sukabumi provinsi Jawa Barat negara Indonesia dengan kode pos 43177. Untuk menghubungi bisa melalui nomor berikut ini 0227273209.

Lokasi Google Map Ciletuh Geopark Sukabumi

Apabila kalian sudah terbiasa berwisata dengan menggunakan peta Google Map, maka dibawah ini adalah lokasi resmi Google Map wisata Ciletuh Geopark yang bisa menjadi referensi untuk anda semua apabila ingin berwisata ke lokasi tersebut.

Harga tiket masuk biofac ciletuh Sukabumi

Bagi kalian yang ingin berwisata ke lokasi ini maka sampai bulan Agustus 2020 masih gratis walaupun pastinya Kalian harus tetap membawa uang kecil dikarenakan ada beberapa tarif yang mungkin harus kalian keluarkan ketika memasuki lokasi Geopark Ciletuh.

Jam buka Geopark Ciletuh Sukabumi

Untuk jam operasional dari tempat wisata ini dipastikan Buka setiap hari selama 24 jam dan sangat direkomendasikan anda berkunjung ke lokasi ini yaitu pada pagi sampai sore hari.

Spot wisata di wisata Geopark Ciletuh Sukabumi

Ada beberapa kegiatan yang dapat kalian lihat dan nikmati terutama bagi para pecinta alam saat kalian berkunjung ke tempat tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

Menikmati air terjun

Tahukah kalian apabila di Geopark Ciletuh Sukabumi ternyata mempunyai destinasi wisata yang lain dikarenakan kawasan Geopark Ciletuh mempunyai luas 126.100 ha dan di area tersebut terdapat beberapa air terjun atau Curug yang pastinya patut untuk kalian kunjungi dan untuk air terjunnya sendiri adalah sebagai berikut:

Curug Luhur atau yang biasa disebut Curug cigangsa

Air terjun ini berada di atas ketinggian tebing 100 meter yang mempunyai keistimewaan yaitu pengunjung dapat melihat pemandangan pelangi yang muncul di bawah Curug.

Curug Puncak jeruk

Air terjun Puncak jeruk yaitu berada di aliran sungai Ciletuh daerah Mekar Jaya dan air terjun tersebut sangat lebar dan mempunyai dua tingkat yaitu bawah dan atas.

Curug Cikaret

Untuk air terjun Cikaret berada di area aliran sungai Cikaret daerah Mekar Jaya yang termasuk salah satu Curug yang tersembunyi dan mempunyai keindahan alam yang eksotis.

Curug Puncak manik

Air terjun Puncak manik yaitu berada di aliran sungai Ciletuh yang menjadi pembatas antara desa tamanjaya dan desa cibenda.

Curug Tengah

Air terjun Tengah berada di aliran sungai Ciletuh dan para pengunjung bisa berenang di danau kecil yang ada di area tersebut.

Curug Awang

Air terjun Awang berada di aliran sungai Ciletuh dan mempunyai lebar 60 m dengan ketinggian air terjun mencapai 40 meter dan mempunyai ciri khas yaitu dinding batu alam berwarna coklat kemerahan.

Curug cikanteh

Air terjun cikanteh lokasinya berada di desa Ciwaru walaupun ketika kalian ingin berkunjung ke lokasi ini maka kalian harus menyeberangi Sungai terlebih dahulu sehingga memerlukan perjuangan.

Curug Sodong

Air terjun Sodong lokasinya berada di desa Ciwaru dan menjadi air terjun yang mudah dijangkau.

Curug cimarinjung

Air terjun cimarinjung lokasinya berada di desa Ciomas dan sangat dekat dengan tepi pantai palangpang.

Menikmati keindahan bentang alam

Ketika anda berkunjung ke Geopark Ciletuh Pelabuhan Ratu, maka kalian bisa menikmati bentang alam dataran tinggi berlembah yang mempunyai bentuk mirip Tapal Kuda dan pastinya sangat instagramable sehingga kalian pun patut mengabadikan momen lokasi tersebut yang selanjutnya diunggah ke media sosial Instagram.

Ketika kalian berkunjung ke area keindahan amvil teater maka terdapat beberapa Spot yang bisa kalian nikmati di antaranya daerah mekarsakti daerah panenjoan sampai girimukti.

Menjelajahi gua laut

Bagi kalian yang ingin sampai dalam Menikmati keindahan geopark Ciletuh Sukabumi, maka sangat direkomendasikan untuk pergi ke kawasan dua laut dimana di lokasi ini kalian bisa menikmati pasir dan batu dari gelombang membuat proses erosi tambahan di dinding gua dan di lokasi tersebut terdapat dua gua laut yaitu buah Kunti dan gua Sodongparat.

Menikmati gugusan pulau kecil

Keindahan Geopark Ciletuh memang tidak bisa dinikmati satu atau dua hari dikarenakan terdapat banyak sekali spot wisata termasuk pulau kecil yang ada di tempat tersebut dan sedikitnya Terdapat 4 pulau kecil yang mempunyai daya tarik tersendiri dan bisa dijadikan sebagai tempat berfoto selfie untuk kalian di antaranya adalah:

  • Pulau Karang Daeu yang lokasinya berada di pantai cikalapa daerah girimukti.
  • Pulau Mandra berada di desa Mandrayan
  • Pulau Manuk yang di dalamnya di si Burung Camar dan berada di desa Mandra Yan
  • Pulau Kunti berada di area ujung barat gunung badak daerah mandrajaya.

Menikmati banyak pilihan pantai

Tidak bisa dipungkiri apabila daerah wisata alam Geopark Ciletuh yang ada di Sukabumi menjadi salah satu destinasi wisata yang sangat kaya sehingga tidak salah jika disebut sebagai surga bagi para pecinta wisata alam dikarenakan Anda bisa menikmati banyak sekali pilihan pantai diantaranya adalah:

  • Pantai ombak tujuh
  • Pantai Batununggal
  • Pantai cibulakan
  • Pantai cikalapa
  • Pantai palangpang
  • Pantai citirem
  • Pantai Ujung Genteng
  • Pantai Sodong parat
  • Pantai cikepuh
  • Pantai cikadal
  • Pantai legon Pandan.

Menikmati Geyser

Di sini pun kalian bisa menikmati sebuah keunikan Geyser cisolok yang menyemburkan uap ke atas dan hanya terdapat satu di Indonesia dimana uap tersebut disemburkan mencapai 5 meter apabila banyak turis dari dalam sampai luar negeri yang berkunjung ke lokasi tersebut.

Fosil dan batuan langka

Tidak bisa dipungkiri apabila kawasan yang ada di Geopark Ciletuh termasuk warisan geologi sehingga kalian akan menjumpai batuan langka ya sudah berusia puluhan juta tahun malahan disini terdapat batu berusia 60 juta tahun yang sangat keren.

Menikmati bantuan unik

Di lokasi Geopark Ciletuh Sukabumi terdapat banyak sekali batuan unik dimana Geopark Ciletuh terbentuk dari endapan 45000000 tahun silam dan batuan tersebut termasuk batuan sedimen jenis kuarsa yang ternyata mempunyai bentuk unik mirip binatang diantaranya adalah:

  • Batu unik yang disebut batu komodo
  • Batu unik yang disebut batu kura-kura
  • Batu unik yang disebut batu punggung naga
  • Batu unik yang disebut batu alien
  • Batu unik yang disebut batu batik
  • Batu unik yang disebut Batu Nunggul
  • Batu yang disebut batu kodok
  • Batu unik yang disebut batu banteng
  • Batu disebut batu singa laut.

Hotel dan penginapan di area Geopark Ciletuh

Untuk kalian yang ingin berwisata sekaligus bermalam di area Geopark Ciletuh maka di lokasi ini sudah terdapat penginapan tersendiri dikarenakan kawasan wisata tersebut meliputi 74 desa sehingga terdapat banyak Homestay, guesthouse sampai cottage dan villa yang disewakan bagi para pengunjung.

Selanjutnya untuk biaya penginapan terbilang murah yaitu mulai dari Rp200.000 sampai Rp600.000 untuk 1 malam.

Namun bagi kalian yang ingin memilih beberapa hotel atau penginapan yang sudah sangat terkenal maka dibawah ini adalah yang kami rekomendasikan:

  • Homestay family Ciletuh
  • Homestay D’Leuit Exa
  • Ladisa Geopark Ciletuh Inn
  • Penginapan bukit soca
  • Penginapan Geopark Ciletuh
  • Vanada Bugeul Cottage
  • Homestay Makmun
  • Sasaungan Balekambang
  • Balaikambang cotage
  • Oyo 921 Hotel ratu pantai
  • Villa dua putri.

Foto geopark Ciletuh Sukabumi

Di bawah ini adalah keindahan beberapa foto yang berhasil kami rangkum dari media sosial Instagram bagi kalian yang belum mengetahui keindahan Geopark Ciletuh yang ada di Kabupaten Sukabumi.

Tips berkunjung ke Geopark Ciletuh

Ada beberapa tips yang harus kalian perhatikan saat akan berwisata ke lokasi ini diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Pilihlah bulan yang tepat dan hari yang tepat ketika kalian akan berwisata ke lokasi tersebut
  2. Sangat direkomendasikan untuk membawa pakaian salin
  3. Bawalah uang tunai supaya lebih memudahkan bertransaksi
  4. Buatlah schedule yang baik ketika akan berwisata ke tempat tersebut
  5. Selalu menjaga kebersihan dan Keamanan saat berada di tempat wisata.

Itulah penjelasan kami tentang salah satu destinasi wisata yang ada di Kabupaten Sukabumi bernama Ciletuh Geopark Sukabumi. Lokasi tersebut sampai sekarang banyak dikunjungi dan menjadi surga bagi para pecinta wisata alam dan sangat kami rekomendasikan bagi anda semua.