“Pilot Mabuk” dan Bedah Buku Keselamatan Penerbangan di STPI

1103
Buku fundamental Safety Management System oleh Ketua STPI. Sumber gambar: Roni Sontani

Keprihatinan akan masalah keselamatan penerbangan yang harus makin ditingkatkan di Indonesia, mendorong Ketua Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Novyanto Widadi, S.IP menyelenggarakan kuliah umum dan bedah buku keselamatan penerbangan di kampus pencetak insan penerbangan tertua di Indonesia tersebut.

Kegiatan pembuka tahun baru 2017 yang diikuti 1.200 taruna STPI, dosen, dan instruktur STPI itu dimaksudkan agar seluruh civitas akademika STPI makin peduli terhadap masalah keselamatan penerbangan.

Ketua STPI Novyanto Widadi memberikan kuliah umum kepada seluruh civitas akademika STPI. Sumber gambar: Roni Sontani
Ketua STPI Novyanto Widadi memberikan kuliah umum kepada seluruh civitas akademika STPI. Sumber gambar: Roni Sontani

Adanya peristiwa “pilot mabuk” sebuah maskapai penerbangan dalam negeri yang menjadi viral beberapa waktu lalu, menunjukkan bahwa ada masalah serius yang harus menjadi perhatian bersama, utamanya bagi kalangan penerbangan di Indonesia. Pilot yang tidak dalam kondisi fit untuk menerbangkan pesawat, tidak semestinya lolos sejak dia berangkat melaksanakan tugas. “Artinya, harus ada tindakan pencegahan yang lebih dini agar kecelakaan penerbangan tidak terjadi,” ujar Novyanto di Gedung Serba Guna Kampus STPI, Curug, Tangerang, Selasa (3/1/2017).

Novyanto menyoroti masalah Safety Management System (SMS) yang menjadi konsep fundamental bagi terciptanya safety (keselamatan) dalam penerbangan. SMS merupakan proses yang sistematis dan komprehensif yang secara kontinyu dan menyeluruh harus dilaksanakan oleh sebuah manajemen penerbangan. Termasuk di dalamnya menyangkut kegiatan operasional, teknik, finansial, dan sumber daya manusia. “Dengan melaksanakan SMS, risiko kecelakaan bisa ditekan seminimal mungkin sehingga tercapai suatu tingkat keselamatan penerbangan yang tinggi,” ujarnya.

Taruna STPI mengikuti kuliah umum. Sumber gambar: Roni Sontani
Taruna STPI mengikuti kuliah umum. Sumber gambar: Roni Sontani

Bagi seluruh taruna dari berbagai jurusan di STPI serta dosen pengajar dan instruktur, Ketua STPI menekankan, airmanship bagi insan penerbangan merupakan hal mutlak yang harus dicapai. Dikatakan, airmanship tidak datang sendiri dari langit, namun harus dibentuk melalui tindakan-tindakan dan pelaksanaan tugas yang dilandasi disiplin dan sesuai dengan prosedur serta aturan yang berlaku.

Usai menyampaikan kuliah umumnya, Ketua STPI Novyanto Widadi selaku penulis utama buku berjudul “Fundamental Concepts Framework Safety Management System” memberikan kesempatan kepada audiens yang hadir untuk membedah buku yang baru diluncurkannya pada Desember tahun lalu. Buku dengan teks Bahasa Inggris setebal 196 halaman yang ditulis besama Afen Sena ini menjadi buku pegangan bagi seluruh civitas akademika STPI.

Author: Roni Sontani