Juara I Internasional, KSAU Beri Penghargaan Atlet Triathlon Korpaskhas

1010
KSAU Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Dankorpaskhas, Danwing I Paskhas, dan Tim Triathlon Yonko 467 Paskhas. Sumber gambar: Angkasa

Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Hadi Tjahjanto memberikan penghargaan kepada atlet olahraga Triathlon Korpaskhas yang berhasil menjadi juara I pada kejuaraan Aquathlon Meta Sport Series 2017 di Sentosa Island, Palawan Beach, Singapura, 12 Februari lalu.

Penghargaan diberikan secara khusus oleh KSAU dalam upacara di Ruang Serba Guna Denma Mabes TNI AU, Cilangkap, Jumat (17/2/2017). Upacara dihadiri oleh Wakil KSAU, para asisten KSAU, Dankorpaskhas, Danwing I Korpaskhas, dan pejabat lainnya.

Pratu Olef Martinus Kafiar dan Pratu Nicolson dari Batalyon Komando 467 Paskhas “Hardha Dedali” Wing I Korpaskhas, berhasil membawa medali emas mengalahkan 120 tim, 853 atlet, yang berasal dari 20 negara. Tim Triathlon TNI AU menurunkan atletnya di dua nomor perlombaan, yaitu Sprint Distance Relay dan Sprint Distance Individual.

Meraih Juara I di Singapura
Meraih Juara I di Singapura. Sumber gambar: Dok Yonko 467 Paskhas

Sebagai juara I, Tim Triathlon TNI AU berhasil membukukan catatan waktu 31 menit 45 detik, mengalahkan Tim Triathlon Spanyol di urutan kedua dengan catatan waktu 33 menit 5 detik dan Tim Triathlon Belanda dengan catatan waktu 33 menit 38 detik.

“Kepada Komandan Korpaskhas, Danwing I Paskhas, Komandan Batalyon 467 Paskhas, para pelatih dan official, saya selaku pimpinan TNI AU mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi serta rasa bangga atas pembinaan dan bimbingan kepada para prajuritnya sehingga dapat memperoleh prestasi yang gemilang,” ujar KSAU.

Mesi demikian, KSAU berharap agar keberhasilan tersebut tidak membuat cepat merasa puas diri. “Jadikanlah keberhasilan ini sebagai motivasi untuk tetap berlatih dan menjaga fisik dan kesehatan, sehingga para prajurit Paskhas mampu meraih prestasi yang terbaik pada event-event internasional yang lebih besar lagi,” kata Hadi Tjahjanto.

Bersama Atase Pertahanan RI di Singapura
Bersama Atase Pertahanan RI di Singapura. Sumber gambar: Dok Yonko 467 Paskhas

Triathlon merupakan cabang olahraga yang menggabungkan tiga jenis olahraga yakni berenang, bersepeda, dan lari. Olahraga yang digemari di AS, Kanada, Australia, dan Eropa tersebut kini sedang dikembangkan di berbagai negara Asia dan Afrika.

Dalam Triathlon, jarak tempuh bagi para atlet adalah 1.500 meter renang, 40 km bersepeda, dan 10 km lari. Namun ada pula beberapa variasi jarak pendek dan jauh. Triathlon masuk ke Indonesia tahun 1995 dan kemudian berkembang pesat termasuk berkembang di kalangan TNI/Polri.

Komandan Yonko 467 Paskhas Letkol Pas Nursalim mengungkapkan, ide membentuk Tim Triathlon Paskhas TNI AU diawali saat Yonko 467 Paskhas berhasil menjadi juara umum lomba renang dalam rangka HUT Wing I Paskhas yang ke-17. “Dari situ saya melihat ada potensi besar sumber daya manusia (SDM) yang bagus dan perlu adanya inovasi dan kreasi serta terobosan baru agar SDM tersebut dapat dimanfaatkan pada cabang olahraga lain selain renang,” ujar Nursalim.

Bersama Danwing I Korpaskhas. Sumber gambar: Dok Yonko 467
Bersama Danwing I Korpaskhas. Sumber gambar: Dok Yonko 467

Walau dengan peralatan yang belum berstandar internasional seperti sepeda, helm, dan peralatan latihan lainnya, Yonko 467 Paskhas nekad mengikuti kejuaraan pertama Triathlon di Pariaman, Padang, Sumatera Barat pada November 2016. Tak dinyana, Tim Yonko 467 Paskhas berhasil meraih juara ketiga pada katagori Standard Distance Relay bersaing dengan tim dari 12 negara. “Juara pertama saat itu diraih tim dari Belanda, sementara juara kedua diraih Batalyon Marinir 4 Jakarta,” kata Nursalim.

Berikutnya, pada 17 Desember 2016, Tim Triathlon 467 Paskhas mengikuti kejuaraan Aquathlon 2016 di Ambon. Perlombaan yang digelar oleh Kodam XVI/Pattimura ini memperebutkan Piala KSAD. Kejuaraan diikuti 1.000 peserta dari dalam dan luar negeri dengan peserta terbanyak dari TNI dan Polri. Tak dinyana lagi, Tim Triathlon Yonko 467 Paskhas berhasil memperbaiki  peringkat menjadi juara kedua pada katagori Relay TNI/Polri (Swim Run) dengan jarak renang 2 km dan bersepeda 40 km.

Dari situlah, Tim Triathlon Yonko 467 Paskhas kemudian menyiapkan lagi latihan untuk mengikuti Kejuaraan Internasional Triathlon di Singapura dan berhasil meraih juara 1.

Komandan Wing I Korpaskhas Kolonel Pas Roy FM Bait menyatakan, atlet Triathlon Yonko 467 Paskhas telah membuktikan bahwa dengan modal utama semangat dan latihan, walau dengan peralatan terbatas, mampu meraih hasil yang tinggi. “Target berikutnya, adalah meraih hasil maksimal pada kejuaraan triathlon dunia tingkat Asia yang akan dilaksanakan di Palembang pada bulan Juni yang diikuti 34 negara serta Bali International Triathlon pada bulan Oktober tahun ini yang diikuti 50 negara,” ungkap Roy Bait.

Author: Roni Sontani