Tiga Maskapai Ini ternyata Punya Rute Penerbangan Terpanjang di Dunia

2607
rute penerbangan
Sumber gambr: expedia.com

Bepergian ke luar negeri menggunakan pesawat terbang memang amat memudahkan, karena dapat menghemat waktu perjalanan yang memiliki jarak yang teramat jauh yang tdak dapat dicapai dengan menggunakan jalur darat. Berbicara mengenai jarak dan waktu perjalanan dengan pesawat, tiga maskapai ini ternyata punya rute penerbangan terpanjang di dunia loh!

Berikut merupakan daftar maskapai dengan waktu dan jarak perjalanan terpanjang tersebut seperti yang laporan Huffington Post, Jum’at (16/12/2016):

Baca Juga: Inilah Rute Penerbangan Internasional Terpendek di Dunia

Air India, Delhi-San Francisco

Maskapai komersil asal India, Air India mengoperasikan penerbangan dengan rute Delhi-Francisco saat musim gugur tahun 2016. Sontak, perjalanan dari Atlantik ke Pasifik ini menjadikan destinasi tersebut dinobatkan sebagai rute penerbangan terpanjang di dunia, karena berhasil menempuh perjalanan dengan jarak 9.400 mil dengan waktu tempuh 14,5 jam penerbangan.

Emirates, Auckland-Dubai

Berikutnya adalah maskapai penerbangan asal Timur Tengah, Emirates. Destinasi dari Auckland, Selandia Baru menuju Dubai, Uni Emirat Arab, yang berjarak jarak 8.820 mil mampu ditempuh dengan waktu 17 jam penerbangan. Tipe pesawat yang digunakan adalah Boeing 777, yang sejatinya dirancang khusus untuk dioperasikan pada penerbangan jarak jauh.

Qantas, Dallas-Sydney

Rute penerbangan Dallas-Sydney yang dioperasikan Qantas memerlukan waktu penerbangan selama 16 jam dengan jarak tempuh 8.577 mil.

Baca Juga:

Garuda Resmikan Rute Baru Penerbangan Jakarta-Madinah

Presiden Iran Harapkan Adanya Penerbangan Langsung ke Iran

Pada pertengahan bulan ini, Qantas juga baru saja mengumumkan rencana mereka untuk mengoperasikan salah satu rute penerbangan terpanjang di dunia. Maskapai asal Australia ini ke depan akan memberlakukan penerbangan nonstop Pert-London yang berjarak 9.008 mil dengan waktu tempuh 17 jam. Menurut Juru Bicara Qantas, rute tersebut menjadi penerbangan terpanjang ketiga di dunia saat dioperasikan pada Maret 2018 mendatang.

Persaingan Ketat

Berapa lama maskapai-maskapai tersebut mempertahankan peringkat dan predikat mereka? Pasalnya, bukan hanya Qantas satu-satunya maskapai komersil yang berkeinginan untuk mengoperasikan penerbangan nonstop dengan rute yang amat panjang.

Diperkirakan daftar maskapai dengan rute terpanjang tersebut akan mengalami perubahan, mengingat Qantas dan maskapai penerbangan lainnya terus bersaing mengoperasikan rute penerbangan panjang lainnya.

Baca Juga:

Mau Traveling ke Toraja? TransNusa Buka Rute dari Makassar

Jadikan Pusat Aviasi, Bahrain Incar Komunitas Penerbangan Asia

Singapore Air misalnya, maskapai komersil dari negara tetangga itu pun berencana untuk mengembalikan rute nonstop dari Singapura ke New York dengan jarak perjalanan 10.252 mil yang ditempuh dalam 19 jam pada 2018. Sebelumnya maskapai ini pernah mengoperasikan rute penerbangan tersebut pada Oktober 2016 lalu.

Jika benar demikian, rekor baru rute penerbangan terpanjang akan terukir kembali dan menggeser maskapai yang berada pada peringkat ketiga.

Author: Fery Setiawan