Terminal Baru Bandara Husein Sastranegara Mulai Dioperasikan

1880
bandara husein sastranegara
Sumber gambar: Angkasa Pura II

Terminal baru di Bandara Husein Sastranegara, Bandung, untuk melayani penerbangan internasional hari ini (6/1) mulai beroperasi. Terminal baru seluas 6.297 meter persegi itu mampu menampung satu juta penumpang pesawat per tahun.

Sebelumnya pada 6 April 2016, sudah beroperasi terminal baru untuk layanan penerbangan domestik. Jadi secara keseluruhan, terminal penumpang Bandara Husein yang baru berkapasitas 3,4 juta orang per tahun. Kapasitas ini jauh lebih besar dari terminal lama yang hanya 600.000 penumpang per tahun.

“Terminal baru ini memiliki 10 konter check-in untuk penerbangan internasional dan sistem penanganan bagasi Automatic Baggage Conveyor terbaru untuk mempermudah serta mempercepat pengambilan bagasi,” kata Djoko Murjatmodjo, Direktur Operasi & Teknik PT Angkasa Pura II, sebagai pengelola Husein pada pembukaan terminal baru tersebut di Bandung hari ini (6/1).

Baca Juga:

Habis Didandan, Terminal Bandara Husein Terlihat Keren Dan Luas

AP II Targetkan Pendapatan Rp 8,24 Triliun di Tahun 2017

Di samping itu, disediakan pula fasilitas untuk kenyamanan penumpang sesuai standar Skytrax. Ada nursery Room dan quiet room, fasilitas gratis untuk tambah energi handphone dan internet, serta fasilitas penyandang disabilitas.

Arsitektur terminal internasional itu mengusung konsep eco-airport yang modern berpadu budaya lokal. Bentuk atapnya Julang Ngapak khas Jawa Barat. Sementara interiornya mendapat sentuhan khusus dari Walikota Bandung Ridwan Kamil, yang seorang arsitek.

Seniman Nyoman Nuarte memberi sentuhan estetika dengan beberapa karya seni patung khas Indonesia yang ditempatkan di galeri terminal internasional.

Baca Juga:

8 Bandara Angkasa Pura II Sandang Penghargaan Pelayanan Prima

490 Mahasiswa Baru Universitas Nurtanio Dapat Pencerahan di Lanud Husein

Penumpang AirAsia dengan nomor penerbangan AK 417 tujuan Kuala Lumpur menjadi yang pertama merasakan berbagai fasilitas baru di terminal baru itu. Dilanjutkan dengan penumpang AirAsia Indonesia QZ 365 tujuan Singapura.

“Kami optimistis, dengan dioperasikannya terminal baru dapat menarik minat maskapai untuk membuka rute internasional dalam mendukung pertumbuhan pariwisata di Jawa Barat, khususnya kota Bandung,” tutur Djoko , yang menyebut investasi untuk terminal  dan fasilitas baru itu Rp177 miliar dari kas internal korporasi.

Saat ini, Bandara Husein melayani 40 penerbangan internasional per minggu dan 64 penerbangan domestik per hari. Maskapai yang menyinggahinya ada AirAsia, AirAsia Indonesia, Lion Air, Citilink Indonesia, Kalstar, Nam Air, Xpress Air, Wings Air, Malindo Air, dan Silk Air.

Author: Reni Rohmawati