Terminal Baru Bandara di Pulau Bangka Resmi Dibuka!

801
terminal baru
Sumber gambar: Angkasa Pura II

Bandara Depati Amir, Pangkalpinang, di Pulau Bangka kini punya terminal baru berkapasitas 1,5 juta penumpang pesawat terbang per tahun. Terminal baru yang modern dan megah tersebut, mulai hari ini (11/1) beroperasi dan melayani penumpang pesawat udara. Sementara itu, terminal kargo yang dilengkapi dengan area pergudangan saat ini masih dalam tahap pengembangan.

“Teminal baru bagi penumpang ini akan semakin meningkatkan pelayanan dan citra Depati Amir sebagai pintu gerbang udara Negeri Serumpun Sebalai. Bandaranya pun dapat menjadi landmark baru di Kota Pangkal Pinang,” ucap Muhammad Awaluddin,  Presiden Direktur PT Angkasa Pura II di Pangkal Pinang hari ini (11/1).

Terminal baru yang walaupun modern tapi tetap mengusung kearifan lokal tersebut memiliki dua lantai dengan tiga pintu keberangkatan dan dua garbarata. Dilengkapi pula 12 konter check-in serta fasilitas penunjang lain, seperti ruang eksekutif yang nyaman, toilet difabel, dua mesin self check-in, dan mushola.  Fasilitas parkir kendaraan pun tambah banyak, dapat menampung 300 mobil dan 120 sepeda motor.

Baca Juga:

Terminal Baru Bandara Husein Sastranegara Mulai Dioperasikan

Tahun Ini Garuda Indonesia Kuasai Terminal 3 Soekarno-Hatta

“Kami menargetkan untuk meningkatkan lagi penerbangan dari dan ke Pangkal Pinang, demi mendorong pertumbuhan ekonomi dan pariwisata di Pulau Bangka,” ujar Muhammad Awaluddin.

AP II sebagai pengelolanya juga sudah mempersiapkan terminal baru ini untuk melayani penerbangan internasional. Saat ini, Depati Amir baru melayani penerbangan domestik yang dilayani enam maskapai penerbangan, yakni Citilink Indonesia, Garuda Indonesia, Lion Air, NAM Air, Sriwijaya Air, Susi Air, dan Wings Air.

terminal baru

Direktur Komersial Sriwijaya Air, Toto Nursatyo menyambut baik dibukanya Terminal Baru di Bandara Depati Amir itu. Pangkal Pinang memang memiliki nilai historis bagi Sriwijaya Air, yang membuka penerbangan perdananya ke Depati Amir pada 10 November 2003. Di sini pula dijadikan basis pelatihan bagi sekolah pilot NAM Flying School yang dimilikinya.

“Pangkal Pinang bisa dijadikan destinasi wisata yang bagus. Di sini ada Pantai Beach yang menarik dan berbagai kuliner yang lezat,” ungkap Toto, seraya menambahkan,”Saya percaya terminal baru dapat meningkatkan pariwisata di Bangka. Ini sejalan dengan rencana Sriwijaya Air mengembangkan Pangkal Pinang menjadi salah satu gateway internasional bagi wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke Bangka.”

Baca Juga:

Bandara Blimbingsari Tambah Jumlah Penerbangan Lewat Terminal Hijau

Terminal Bandara Ranai, Wujud Kekompakan TNI AU, Pemda dan Swasta

Author: Reni Rohmawati