Tahun Ini Garuda Indonesia Kuasai Terminal 3 Soekarno-Hatta

1277
Sumber gambar: JR Nugroho

Angkasa Pura II berencana akan memindahkan seluruh penerbangan maskapai pelat merah Garuda Indonesia di Bandara Soekarno-Hatta ke Terminal 3. Targetnya, seluruh penerbangan mulai beroperasi secara penuh di Terminal baru itu bulan April 2017 mendatang.

Saat ini, penerbangan Garuda Indonesia yang beroperasi di Terminal 3 hanyalah penerbangan domestik. Sedangkan penerbangan internasional masih menggunakan Terminal 2.

“Pada April 2017 ini juga akan dioperasikan Terminal 3 untuk penerbangan internasional di Bandara Soekarno-Hatta, di mana tahap pertama yang akan beroperasi adalah airline Garuda Indonesia untuk rute internasional. Kemudian, maskapai yang terafiliasi di dalam Sky Team mulai membuka rute internasional di Terminal 3 pada bulan Mei tahun ini,” kata Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin seperti dikutip oleh Kompas.com, Senin (9/1/2017).

Pemanfaatan Terminal 3 Soekarno-Hatta dilakukan secara bertahap mengingat saat resmi digunakan pada Agustus 2016 lalu, belum semua bagian bangunan rampung dikerjakan.

Selain memindahkan Garuda Indonesia, pihak Angkasa Pura II juga berencana untuk memindahkan seluruh penerbangan internasional ke Terminal 3. Menurut Awaluddin, pemindahan besar-besaran ini merupakan bagian dari program pembenahan di Soekarno Hatta yang disebut sebagai Grand Design Bandara Soekarno-Hatta.

Selanjutnya, Angkasa Pura II akan merevitalisasi fasilitas dan seluruh kelengkapan di Terminal 1 dan 2. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kenaikan penumpang yang cukup besar tiap tahunnya.

Author: Remigius Septian