F-16 dan Su-27 Tertangkap Gelar Dogfight di AS, Ada Apa?

7336

Satu unit pesawat F-16 Fighting Falcon dan Su-27 Flanker terlihat melakukan dogfight di atas langit sekitar Area51.Seorang penggemar fotografi penerbangan bernama PhilDrake berhasil mengabadikannya lewat lensa kameranya.

Foto tersebut diambil di sekitar lembah Tikabo, dekat danau Groom, Nevada, Amerika Serikat (AS). Ia melaporkan bahwa saat itu tanggal 8 November adalah hari pemilihan Presiden AS, semua mata warga AS fokus pada perhitungan suara. PhilDrake sendiri malah mengunjungi Nevada, karena ia mendengar adanya sebuah proyek uji coba pertahanan. Ia berharap bisa mendapatkan sesuatu tentang program pertahanan AS terbaru yang sedang diuji itu.

dogfight9

Benar saja, ia mendengar suara jet yang tak biasa didengar di langit AS. PhilDrake mencari asal suara itu di langit biru dan menemukan bintik kecil yang mirip pesawat jet tempur. Ia yakin dari situlah suara jet itu berasal karena ia meninggalkan asap putih (contrail) yang terlihat jelas.

Ia menyangka pesawat tersebut adalah jet tempur buatan Russia Su-27 Flanker. Namun tidak terlihat tanda-tanda yang menunjukkan identitas pesawat tersebut.

dogfight4 dogfight5

PhilDrake kemudian mengambil kameranya dan memotret kejadian tersebut yang nampaknya melakukan dogfight antara F-16 dan Su-27.

Kedua pesawat melakukan penghadangan satu sama lain dan melakukan manuver-manuver di ketinggian 30 ribu hingga 20 ribu kaki. Kedua pesawat beberapa kali juga terlihat berpapasan dengan jarak yang amat dekat.

dogfight8 dogfight6

Dogfight itu berlangsung setidaknya sekitar 25 menit sebelum mereka menanjak tinggi dan terbang ke wilayah udara terlarang dekat danau Groom.

Tidak ada keterangan resmi ataupun isu soal tujuan dogfight ini. Yang bisa dipastikan hanyalah keduanya sedang berkolaborasi untuk menguji sesuatu.

Area 51 sendiri memang sudah dikenal sebagai pangkalan udara yang sangat rahasia. Area 51 merupakan bagian dari Edwards Air Force Base dan menempat bandara Homey. Bandara itu diambil alih oleh AU AS (USAF) tahun 1955 untuk menjadi tempat uji coba terbang pesawat U-2 Dragon Lady buatan Lockheed.

Author: Fida Perkasa/Remigius Septian