E-2D Hawkeye Dikerahkan ke Pasifik Bulan Depan

2388
e-2d hawkeye
E-2D Hawkeye angkatan Laut AS. Sumber gambar: US Navy

Pesawat AEW&C (airborne early warning and control) Northrop Grumman E-2D Hawkeye pada Februari dikerahkan untuk bergabung sebagai bagian dari pasukan CVW-5 (Carrier Air Wing-5) di Jepang, demikian diinformasikan Angkatan Laut Amerika Serikat (US Navy/USN), Kamis (5/1/2016).

Pengerahan E-2D tersebut merupakan sebagai bagian dari usaha Pentagon yang lebih luas untuk menyeimbangkan kawasan Asia Pasifik. Angkatan Laut AS mengirim ke Jepang VAW-125 (Carrier Airborne Early Warning Squadron 125) mereka, yang mana unit pertama sebagai transisi dari E-2C ke E-2D.

Baca Juga:

Tiga Tahun Jalani Upgrade, E-2D Hawkeye Siap Operasional

AL AS Sukses Uji SM-6 Dual I, Penangkal Rudal “Carrier Killer” Tiongkok

VAW-125 akan bermarkas di Stasiun Udara Korps Marinir (Marine Corps Air Station/MCAS) Iwakuni dan menggantikan VAW-115, sebuah skadron yang dilengkapi dengan E-2C dan akan dipindahkan ke California pada pertengahan  tahun ini untuk melakukan transisi ke model D.

Pesawat sayap tetap CVW-5, termasuk Skadron VAW, bergerak dari fasilitas udara Angkatan Laut Atsugi ke MCAS Iwakuni.

Baca Juga:

A-100LL ‘Laboratorium Terbang’ Terbaru Rusia yang Siap Mengudara

Pesawat Intai Hipersonik SR-72 Siap Terbang

Angkatan Laut AS berencana memindahkan 75 E-2D (Jepang telah memesan dua platform yang sama) dan pengiriman dijadwalkanakan berlangsung selama tahun 2025 bersamaan dengan model C yang mulai memasuki masa pensiun tahun ini.

Author: Fery Setiawan