Ini Sebab Jet Tempur Sukhoi Lebih Enak Untuk Lakukan Manuver

24853
jet tempur sukhoi

Berbicara tentang  pesawat jet tempur, tentu identik dengan manuver-manuver luar biasa dan kecepatan yang sangat tinggi. Banyak jenis pesawat-pesawat tempur yang dimiliki oleh TNI AU, namun manakah yang paling asik untuk dilakukan terbang manuver?

Bicara mengenai manuver yang  dilakukan oleh pesawat jet tempur tak lepas dari kemampuan mesin yang mendukung pesawat itu sendiri. Pesawat yang mempunyai  mesin dan thrust yang besar akan berbanding lurus dengan respon yang baik terhadap mesin untuk melaju dan bergerak. Ini lah sebab jet tempur Sukhoi Su-27/30 lebih enak untuk lakukan manuver ketimbang pesawat jet tempur lainnya.

“Lebih enak Sukhoi, sebenernya berbicara manuver itu kita berbicara mengenai kemampuan engine. Tentunya kalo dilihat kira-kira engine mana yang paling besar dan paling besar thrust-nya maka punya respon yang cepat. Jadi kalo responnya cepat itu kan manuvernya enak pesawat,” Letkol Vincentius Endy H. P. “Hunter”, Komandan Skadron Udara 11.

Jadi pesawat jet tempur yang memiliki mesin yang besar bukan jaminan akan memiliki kemampuan manuver yang nyaman. Kenyamanan bermanuver sebuah pesawat jet temput tergantung pada seberapa besar thrust yang dimilikinya. Karena dengan begitu pesawat akan dapat melakukan manuver sesuai yang diinginkan oleh sang penerbangnya.

“Ukuran besar mesin itu bukan, tetapi thrust-nya. Kalo thrust-nya besar tentunya dia responnya cepat. Kemudian kalo kita manuver juga sesuai dengan yang kita inginkan,” pungkas Vincent.

Baca Juga:

Sehari Bersama Sukhoi Superjet 100

Tidak Dibeli, Jet Tempur Sukhoi Tiba di Makassar

Author: Fery Setiawan