Hati-hati! KSAU Lakukan Sidak ke Berbagai Satuan

2937
KSAU Marsekal TNI Hadi Tjahjanto melakukan sidak ke Lanud Sultan Hasanuddin dan mengunjungi Skadron Udara 11. Sumber gambar: Penlanud HND

Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Hadi Tjahjanto secara tiba-tiba melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke berbagai satuan. Tidak hanya ke satuan terdekat, namun juga ke satuan yang berada jauh lokasinya dari Jakarta.

Pada Selasa, 31 Januari 2017, misalnya, KSAU sengaja melakukan kunjungan kerja secara tiba-tiba ke Lanud Sultan Hasanuddin, Makassar. Tanpa diketahui, KSAU yang didampingi beberapa staf di antaranya Kolonel Tek K. Harnanto, Kolonel Adm Aminto Senisuka, dan Kolonel Lek Trusta Yuniarta tiba di Lanud Sultan Hasanuddin sekira pukul 09.00 WITA. Sontak kedatangan KSAU membuat seluruh jajaran dan anggota lanud tersebut terkejut.

KSAU yang datang tiba-tiba kemudian disambut Danlanud Sultan Hasanuddin Kolonel Pnb Bowo Budiarto. Saat itu Danlanud baru selesai memberikan pengarahan kepada seluruh perwira di jajarannya.

KSAU meninjau pergudangan di Lanud Sultan Hasanuddin. Sumber gambar: Penlanud HND
KSAU meninjau pergudangan di Lanud Sultan Hasanuddin. Sumber gambar: Penlanud HND

Usai diterima oleh Danlanud, KSAU yang didampingi Pangkoopsau II Marsda TNI Umar Sugeng Hariyono dan Pangkosekhanudnas II Marsma TNI Joko Takariyanto, langsung meninjau beberapa satuan. Di antaranya Skadron Udara 11, Skadron Udara 5, Pos Bom, dan mengecek kondisi Gudang Persediaan Lanud (GPL) Lanud Sultan Hasanuddin.

KSAU mengatakan sengaja melakukan sidak untuk melihat secara langsung kondisi satuan-satuan di bawah. “Agar bisa segera diketahui beberapa permasalahan yang ada serta solusi terbaik untuk TNI AU,” ujarnya.

Danlanud Sultan Hasanuddin menyambut baik kedatangan KSAU dan menyampaikan ungkapan terima kasih secara langsung kepada KSAU atas perhatiannya meninjau kondisi lanudnya. “Tentunya ini menjadi pemicu semangat bagi kami dalam melaksanakan tugas dan dapat meningkatkan profesionalisme serta peran Lanud Sultan Hasanuddin,” ujar Bowo Budiarto.

Beberapa hari sebelumnya, KSAU juga melakukan sidak ke Sekolah Komando Kesatuan Angkatan Udara (Sekkau) di Lanud Halim Perdanakusuma.

Author: Roni Sontani