Inilah Doa Nabi Muhammad Mustajab dipagi Hari dan Setelah Sholat

angkasa.co.id – Inilah Doa Nabi Muhammad Mustajab dipagi Hari dan Setelah Sholat – Rasulullah SAW menganjurkan agar tidak sekedar berdoa tanpa melakukan apapun; dia mengajar para pengikutnya untuk menggabungkan doa dengan kerja dan sebaliknya.

Inilah Doa Nabi Muhammad Mustajab dipagi Hari dan Setelah Sholat
Banyaknya bacaan doa yang terekam dalam Al-Qur’an dan hadits memperjelas bahwa orang yang mengikuti Nabi Muhammad SAW hanya perlu memilih beberapa doa yang akan dibaca tergantung pada situasinya.

Agar beberapa doa Nabi Muhammad SAW lebih mudah dibaca dan diingat, penulis telah merangkumnya dalam Ayovacsindinkeskdi. artikel id.

Doa Nabi Muhammad SAW Yang Banyak Dicari Ummat Muslim

Komunitas muslim mencari doa nabi muhammad SAW di berbagai website dan media sosial lainnya. Ini disediakan di bawah ini.

Kebutuhan akan doa, yang sesuai dengan keadaan yang diinginkan, juga dapat menyebabkan hal ini, selain itu. Anda dapat menggunakan doa-doa nabi Muhammad yang tercantum di bawah ini sebagai panduan.

Doa Nabi Muhammad Setelah Sholat

Setelah shalat, niscaya perilaku seorang hamba akan mencerminkan dzikir dan doa sebagai pengakuan antara hamba dengan Allah SWT.

Adapun rangkaian doa nabi Muhammad SAW setelah sholat adalah sebagai berikut :

الحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ حَمْداً يُوَافِي نِعَمَهُ وَيُكَافِئُ مَزِيْدَهُ. يَا رَبَّنَا لَكَ الحَمْدُ وَلَكَ الشُّكْرُ كَمَا يَنْبَغِي لِجَلَالِ وَجْهِكَ وَعَظِيْمِ سُلْطَانِكَ.

Artinya :

“Dengan nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semests alam, dengan pujian yang sesuai dengan nikmatnya dan memungkinkan ditambah nikmatnya. Wahai Tuhan kami, hanya bagi-Mu segala puji, sebagaimana yang patut bagi keagungan-Mu dan kebesaran kekuasaan-Mu.

رَبَّنَااغْفِرْلَنَا ذُنُوْبَنَا وَلِوَالِدِيْنَا وَلِمَشَايِخِنَا وَلِمُعَلِّمِيْنَا وَلِمَنْ لَهُ حَقٌّ عَلَيْنَا وَلِمَنْ اَحَبَّ وَاَحْسَنَ اِلَيْنَا وَلِكَافَّةِ الْمُسْلِمِيْنَ اَجْمَعِيْنَ

Artinya :

Wahai Tuhan Kami, ampunilah dosa-dosa kami, dosa-dosa orang tua kami, para sesepuh kami, para guru kami, orang-orang yang mempunyai hak atas kami, orang-orang yang cinta dan berbuat baik kepada kami, dan seluruh umat islam

رَبَّنَا أَتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Artinya :

Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan hidup di dunia dan kebaikan hidup di akhirat, dan jagalah kami dari siksa api neraka.

وَصَلَّى اللهُ عَلى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ وَالْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Artinya :

Semoga Allah memberikan rahmat dan kesejahteraan kepada penghulu kami, Nabi Muhammad, keluarga dan sahabatnya dan segala puji bagi Allah, Tuhan Semesta Alam

Doa Nabi Muhammad Saw Doa Mustajab

Setiap manusia yang berdoa tentu ingin doanya didengar, diterima, atau efektif mengingat janji Allah untuk mengabulkan semua doa umatnya.

Namun, kemungkinan besar karena banyaknya dosa yang menghalangi Allah SWT untuk mendengar doa.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak pantas saat berdoa, seperti menghadap presiden, tetap penting untuk waspada terhadap lingkungan sekitar.

Adapun doa Nabi Muhammad Saw doa mustajab adalah seperti dibawah ini :

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلًا مُتَقَبَّلًا

Allahumma innii as-aluka ‘ilman naafi’a, wa rizqon thoyyibaa, wa ‘amalan mutaqobbalaa.

Artinya :

“Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat (bagi diriku dan orang lain), rizki yang halal dan amal yang diterima (di sisi-Mu dan mendapatkan ganjaran yang baik).”

 

Doa Nabi Muhammad Di Pagi Hari

Berikut dibawah ini doa Nabi Muhammad dipagi hari yang sering dibaca oleh Beliau SAW :

اَللَّهُمَّ بِكَ أَصْبَحْنَا وَبِكَ أَمْسَيْنَا، وَبِكَ نَحْيَا، وَبِكَ نَمُوْتُ، وَإِلَيْكَ النُّشُوْرُ

Allāhumma bika ashbahnā, wa bika amsainā, wa bika nahyā, wa bika namūtu, wa ilaikan nusyūru.

Artinya :

Nabi Muhammad juga sangat senang membaca doa, yang merupakan tambahan dari doa yang baru saja diucapkan dan termasuk doa yang mujarab. Tentu saja, orang-orang yang mengikuti Rasulullah SAW dengan senang hati mempersembahkan doa yang kuat yang disebutkan di atas.

“Ya Allah, dengan-Mu aku berpagi hari, dengan-Mu aku bersore hari, dengan-Mu kami hidup, dengan-Mu kami mati. Hanya kepada-Mu (kami) kembali,” (HR Abu Dawud, At-Turmudzi, Ibnu Majah, dan lainnya).

Doa Nabi Muhammad Ketika Dalam Kesulitan

Ketika kesulitan muncul, Nabi menyarankan para pengikutnya untuk membaca doa mereka dengan harapan bahwa Allah akan menyelesaikan semua masalah mereka.

Adapun doa nabi Muhammad ketika dalam kesulitan adalah seperti dibawah ini :

اللَّهُمَّ رَحْمَتَكَ أَرْجُو فَلاَ تَكِلْنِي إِلَى نَفْسِي طَرْفَةَ عَيْنٍ، وَأَصْلِحْ لِيْ شَأْنِي كُلَّهُ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ

Allahumma rohmataka arjuu falaa takilnii ilaa nafsii thorfata ‘ainin wa ashlih lii sya’nii kullahu laa ilaaha illa anta.

Artinya :

Ya Allah, hanya rahmat-Mu yang aku harapkan, maka jangan biarkan aku mengikuti nafsuku sekejap mata pun. Perbaikilah keadaanku seluruhnya. Tiada Tuhan kecuali Engkau.” (HR Abu Daud)

Doa Nabi Muhammad Untuk Umatnya

Rasulullah rela memanjatkan doa untuk perlindungan seluruh ummat Nabi Muhammad SAW karena beliau sangat menyayangi ummatnya.

Adapun salah satu doa Nabi muhammad untuk umatnya ialah seperti dibawah ini :

اَللَّهُمَّ ارْحَمْ اُمَّةَ مُحَمَّدٍ وَتَجَاوَزْ عَنْ اُمَّةِ مُحَمَّدٍ وَاَصْلِحْ أُمَّةَ مُحَمَّدٍ

Allahummarham ummata Muhammad, wa tajawaz ‘an ummati Muhammad, wa ashlih ummata Muhammad.

Artinya :

” Ya Allah, sayangilah umat Muhammad. Ya Allah ampunilah (dosa) umat Muhammad. Ya Allah, perbaikilah (semua urusan) umat Muhammad.”

Penutup

Inilah rangkuman kumpulan doa-doa nabi muhammad yang dapat dibaca dan digunakan sesuai kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari.

Ringkasan artikel tentang beberapa doa nabi Muhammad ini dimaksudkan untuk membantu semua umat Islam. Wallahu allah.

Related posts