Tes Kejelian Mata, Temukan Tentara Bersembunyi di Foto Ini

17631
Sumber gambar: wallpaperup.com

Makin sulit sebuah kamuflase ditemukan oleh mata telanjang, maka makin sukseslah sebuah penyamaran. Tak heran, tiap satuan berlomba untuk membuat kamuflase terbaik sesuai dengan daerah operasinya. Mata kita pun sering tertipu dengan kemampuan menyamar ini.

Kamuflirovannyy Letniy Maskirovochnyy 

seragam kamuflase
Sumber gambar: ytimg.com

Seorang tentara Rusia tengah bersembunyi di antara semak daun menggunakan motif Kamuflirovannyy Letniy Maskirovochnyy Kombinezon atau KLMK. Seragam tempur non issue ini jamak digunakan oleh tentara Rusia, sejak era perang dingin dengan Amerika dan memiliki beberapa turunan warna.

Flektarn

seragam kamuflase
Sumber gambar: bushcraft

Seorang tentara Jerman berjalan di antara hutan menggunakan seragam motif Flektarn. Kamuflase ini sangat terkenal di dunia. Flektarn sendiri terdiri atas 2 warna, Tropentarn (Hutan) dan Wustentarn (Gurun).

Surpat

seragam kamuflase
Sumber gambar: ytimg.com

Seorang tentara Rusia tengah bersembunyi di antara vegetasi hutan menggunakan seragam jenis Surpat. Seragam ini dirancang bagi pasukan khusus Rusia pada era 2009-2010. Surpat menggunakan motif digital dan memiliki beragam turunan warna.

Ghilie Suit

seragam kamuflase
Sumber gambar: mirror.co.uk

Seorang sniper Jerman tengah bersembunyi di antara vegetasi rerumputan menggunakan ghilie suit. Selain seragam motif kamuflase, ghilie suit merupakan salah satu cara agar tentara tidak terdeteksi oleh mata.

Disurptive Pattern Material

seragam kamuflase
Sumber gambar: farm8.com

Yang bersembunyi di wilayah gurun ini menggunakan motif DPM gurun (Disurptive Pattern Material). Kefektifan seragam Inggris sangat luar biasa. Clue-nya adalah yang menyamar di foto ini bukanlah tentara melainkan sebuah kemah atau bivak yang berukuran sangat besar.

Multicam

Seragam kamuflase
Sumber gambar: Multicam.com

Foto terakhir merupakan tantangan bagi pembaca untuk menemukan seragam motif multicam yang kini sangat populer, karena memiliki tingkat efektif yang sangat tinggi. Seragam in digunakan oleh sebagian besar pasukan khusus dunia, mulai dari USSF, Navy SEALS, PJ, CCT, hingga SASR.

Author: JR. Nugroho & Remigius Septian