Halang Rintang: Bekal menjadi Tangguh Ala Prajurit TNI AL

2233
Sumber gambar: Suharso Rahman

Dalam perayaan Hari Armada Senin (5/12/2016) di Komplek kestarian TNI Al Pondok Dayung lalu, ada satu aktraksi halang rintang yang ditampilkan sebagai bagian acara tersebut. Bagi kita orang awam yang menyaksikan, tentulah terlihat mudah. Tetapi tidak demikian yang dialami oleh para anggota Komando Pasukan Katak TNI AL (Kopaska) Kawasan Armada Barat dan Dinas Penyelaman Bawah Air (Dislambair) TNI AL. Butuh latihan, dan teknik khusus, serta fisik dan stamina yang prima untuk melakukannya.

Seperti Commando saksikan dan foto secara langsung. Mulai dari terjun ke air, membalikkan sekoci karet dan mengembalikan lagi ke posisi normal, mendayung, menaiki tangga, berlari sambil menyandang senjata dan beban, kemudian melompati sekoci yang disangga, hingga menerobos terowongan.

Atraksi halang rintang diakhiri dengan memanjat buritan kapal untuk mengibarkan spanduk ucapan. Semua atraksi ini mengundang decak kagum yang menyaksikan.

Halang rintang merupakan teknik untuk menghasilkan bukan hanya prajurit TNI AL yang tangguh, tetapi juga kompak dalam menyelesaikan tantangan tugas negara. JALESVEVA JAYAMAHE!!!

 

Author: Suharso Rahman